Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari ciri - ciri lowongan kerja palsu ini agar selamat

Lokerriau.my.id - Modus penipuan lowongan kerja yang sudah sering terjadi menyebabkan kerugian mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah untuk para pencari kerja. Dengan mengandalkan pesan undangan interview palsu yang mengatasnamakan industri, scammer memohon pencari kerja mentransfer sejumlah uang untuk pembayaran tiket, akomodasi serta pembayaran yang lain, yang dijanjikan hendak di- reimburse setelah proses interview ataupun proses seleksi.

Hindari ciri - ciri lowongan kerja palsu ini agar selamat
Berikut adalah ciri-ciri lowongan kerja palsu :

Memakai email gratisan
Banyak lowker yang menyertakan alamat emailnya pada informasi lowongan kerja. Baik yang kita temui di sosmed ataupun di koran atau selebaran.pada umumnya perusahaan akan menggunakan email tersendiri tidak menggunakan email gratisan seperti gmail,yahoo, dan sejenisnya. Jika ada informasi lowongan kerja di perusahaan yang menggunakan email gratisan maka itu patut diwaspadai.

Menggunakan website gratisan
Jika tadi email yang gratisan, sekarang menggunakan website yang gratisan.Sebuah perusahaan umumnya punya situs website tersendiri dengan domain berbayar misalnya .com .co.id .net dan sejenisnya . Dan jika pada info lowker terdapat situs website yang masih menggunakan domain gratis seperti wordpress.com atau blogpost.com, maka hindarilah. Hampir bisa dipastikan bahwa lowker tersebut adalah palsu dan modus penipuan saja. Tidak mungkin sebuah perusahaan tak mampu membeli domain dan malah menggunakan gratisan.


Informasi tidak lengkap
Ada juga informasi lowongan kerja yang tidak lengkap kita temukan. Mereka hanya melampirkan nomor telepon atau whatsapp yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut.hal seperti ini juga sangat rawan penipuan karena tidak memberikan informasi yang lengkap.

Bisa lolos tanpa tes
mengiming-imingi calon korbannya agar tertarik dan percaya pada mereka merupakan cara yang efektif. Contohnya adalah dengan memberi informasi bahwa ada loker yang bisa langsung kerja tanpa tes ataupun wawancara. Kalau untuk sebuah perusahaan, hal ini sangatlah tak mungkin dan patut dicurigai. Tidak mungkin perusahaan mencari orang untuk dipekerjakan tanpa ingin melihat kemampuan mereka dulu


Membayar sejumlah uang
Modus yang sering terjadi adalah meminta sejumlah uang sebagai biaya administrasi kepada korbannya. Perlu diingat bahwa jangan pernah mempercayai lowker yang meminta sejumlah uang sebagai salah satu syaratnya. Hampir bisa dipastikan ini cuma modus penipuan yang wajib kalian hindari.bukannya kita bekerja untuk mencari uang bukan memberi uang?


Kesimpulan dari artikel kali ini adalah jangan mudah tertipu lowongan kerja yang beredar.memang zaman sekarang mencari kerja itu sulit tapi harus diteliti dulu informasi lowker tersebut agar tidak mengalami kerugian yang besar.sekian dan terimakasih.


Silahkan lihat juga Lowongan Kerja Berdasarkan Lulusan Dibawah ini :
Lowongan Kerja Lulusan SMP klik disini
Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK Sederajat klik disini
Lowongan Kerja Diploma 3 klik disini
Lowongan Kerja Lulusan Sarjana klik disini


Penutup :


INFO PENTING :

  • Harap Baca Dengan Teliti Sebelum Melamar Pekerjaan
  • Karena Banyaknya Lowongan Pekerjaan yang ada, jadi kami akan membaginya dalam beberapa kategori baik itu lulusan SMP, SMA/SMK Sederajat,D3,S1,S2 Dan S3
  • Harap Waspada Jika ada perusahaan/instansi yang meminta imbalan karena itu kemungkinan besar adalah penipuan
  • Silahkan lihat postingan lowongan kerja lainnya pada situs ini.
  • Lowongan kerja yang tidak ada batas penerimaan,biasanya butuh secepatnya setelah iklan diterbitkan.jadi segeralah mengantar/mengirimkan lamaran jika lowongan pekerjaan tersebut sesuai.
  • jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan kepada teman saudara dan kerabat..Terima kasih