Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat CV yang baik dan Benar Beserta Contoh

Cara Mudah Membuat CV yang baik dan Benar - Pada peluang kali ini kami hendak memberikan panduan membuat CV yang baik serta benar. Nah, saat sebelum mangulas tipsnya, alangkah baiknya bila kita mangulas dahulu penafsiran CV serta urgensi ataupun kepentingan dari CV itu sendiri. CV( Curiculum Vitae) ialah selembaran yang berisi data diri kita, yang mana umumnya jadi ketentuan buat melamar pekerjaan, magang, serta volunteer. 

Dibuatnya CV bertujuan supaya mem- branding diri kita sebaik serta sebagus bisa jadi, baik dari segi kelengkapan data ataupun design CV. Terus menjadi baik CV kita hingga hendak terus menjadi bagus pula branding diri kita di mata para HRD( Human Resource Development)/ para penyeleksi berkas pelamar pekerjaan.

Oke langsung saja ulasan mengenai panduan membuat CV yang baik dan benar, sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat CV yang baik dan Benar

1. Kelengkapan Data ataupun Informasi Diri

Pada biasanya, dalam CV ada sebagian data diri kita yang wajib tercantum, supaya mempermudah para HRD dalam memperoleh data yang di idamkan. Data tersebut ialah selaku berikut:

- Pas Foto gambar diri

Ini ialah perihal yang harus, supaya supaya HRD tau bentuk kamu beneran terdapat serta tidak ghaib wkwkw.

– Identitas diri

Meliputi nama lengkap( umumnya ditaruh di bagian sangat atas dengan font tebal, supaya nampak jelas owner CV tersebut). Uraian pendek menimpa diri sendiri yang biasa dimasukkan ke bagian“ about me( Profil)”, di bagian ini umumnya menarangkan siapa diri kita meliputi nama lengkap, status( mahasiswa, swasta, freelancer, dll), afiliasi( bila terdapat), tujuan dari melampirkan CV( misal: mau melamar pekerjaan di industri tersebut), serta deskripsi diri( watak positif diri). Seluruhnya dirangkum jadi pendek, padat, serta jelas. Lebih baik lagi bila kamu mencaritahu visi serta misi, dan etos kerja yang dijunjung besar oleh persahaan tersebut, sehingga kamu bisa mencantumkan kelebihan serta watak kamu yang selaras dengannya( perihal ini ialah metode bawah dalam membuat HRD mengambil atensi lebih ke CV kita).

– Kontak personal( Personal Contact)

Berisi kontak diri kita guna bisa dihubungi bila lamaran diterima. Pada bagian ini umumnya berisi no telfon individu, email, media sosial personal( Facebook, twitter, linkedin, instagram, serta lain- lain). Butuh dikenal kalau terdapat mungkin HRD mengecek media sosial kita guna mengcrosscheck karakter kita apakah cocok dengan yang dipaparkan di CV ataupun tidak. Perihal ini umumnya dicoba oleh industri ataupun pekerjaan yang mengedepankan atitude baik, oleh sebab itu berjaga- jaga lah dalam bermedia sosial.

– Pendidikan( Education)

Berisi penjabaran jenjang pembelajaran dari yang terkecil sampai yang paling tinggi( TK, SD, SMP, SMA, Kuliah). Tetapi, saat ini ini perusahaan- perusahaan ataupun para HRD cuma memerlukan jenjang pembelajaran terakhir( misal SMA ataupun S1, S2) tidak lagi dari TK, SD.

- Pencapaian( Achievement)

Bila kamu mempunyai pencapaian misal semacam menjuarai kompetisi blabla, juara 1 lomba blabla, Best Graduate of blabla, dapat dimasukin kesini. Ini ialah nilai plus buat citra kamu, tetapi butuh diingat achievementnya yang berkaitan dengan bidang yang dilamar, kan tidak lucu bila memasukkan Juara 1 lomba tarik tambang dikala melamar pekerjaan di bidang studi.

- Pengalaman( Experience)

Pengalaman disini bisa beragam, umumnya terdiri dari pengalaman kerja lebih dahulu, pengalaman organisasi, pengalaman volunteer, presentasi di event tertentu, serta lain- lain. Ini pula ialah nilai plus yang banyak untuk seseorang HRD.

- Publikasi( Publication)

Bila kamu mempunyai karya yang sudah diterbitkan serta bersangkutan dengan pekerjaan tersebut hingga dapat dicantumkan. Misal mau melamar di bidang studi, serta kalian mempunyai paper yang sudah diterbitkan di sesuatu harian, hingga kamu boleh mencantumkannya di CV. Perihal ini bisa mendukung kelebihan kamu di mata HRD.

– Keahlian( Skills)

Kamu bisa menyertakan keahlian yang kamu kuasai. Keahlian yang dicantumkan lebih baik merupakan keahlian yang bisa mendukung bidang pekerjaan yang kamu apply. Misalnya kamu lamar pekerjaan ke bagian studi, hingga skill semacam analisa kasus, pengelolahan microsoft office, design thinking ialah penunjang yang pas. Tidak semacam dikala melamar pekerjaan dibidang studi, namun mencantumkan skill gaming, ataupun bermain gitar, jadi tidak mendukung profesi dari pengamat itu sendiri.

– Ketertarikan/ hobi( Interest)

Kamu bisa mencantumkan ketertarika/ hobi kamu, ini memanglah bukan perihal yang harus, tetapi terkadang hobi yang berkaitan bisa membuat HRD lebih memahami hobi/ ketertarikan kamu.


2. Serba- serbi tentang desain CV

- Jenis font

Font ialah perihal yang berarti dalam CV, sebab font yang baik/ bagus buat CV ialah font yang bisa dengan gampang dibaca, tidak aneh/ membingungkan. Berikut saran penulis menimpa font yang bisa digunakan dalam CV, ialah semacam Calibri, Lato, Cambria, Helvetica. Menimpa font yang tidak dianjurkan dalam CV selaku berikut: Times new roman( telah biasa digunakan, serta nampak semacam resmi banget), lucida handwriting( semacam tulisan sambung, susah dibaca), comic sans( semacam model novel, semacam buat anak kecil).

- Desain tidak rame/ sumpek

Desain yang bagus buat CV merupakan desain yang lezat ditatap, tidak sumpek, dengan kata lain minimalis, sebab desain minimalis lezat ditatap serta gampang memperoleh data darinya. Tidak hanya itu desain minimalis jadi trend CV dikala ini.

- Formal serta kreatif

Bila kamu mau melamar ke industri yang pekerjaannya resmi hingga buatlah desain yang resmi tetapi tidak kaku sekali, resmi dalam artian cocok gambar yang resmi( gunakan jas/ kemeja). Bila kamu melamar ke industri kreatif hingga design CV kamu wajib kreatif, tidak kaku, serta cocok gambar senantiasa wajib pada batasannya yaaa, jangan pake gambar backlight, selfi , dll


3. Contoh template CV yang bisa kamu pakai

Berikut ini kami lampirkan Contoh-contoh template CV yang bisa kamu pakai untuk membuat CV mu sendiri.


Harap pergunakan dengan baik agar dapat hasil yang baik pula. Terimakasih.

Silahkan lihat juga Lowongan Kerja Berdasarkan Lulusan Dibawah ini :
Lowongan Kerja Lulusan SMP klik disini
Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK Sederajat klik disini
Lowongan Kerja Diploma 3 klik disini
Lowongan Kerja Lulusan Sarjana klik disini


Penutup :


INFO PENTING :

  • Harap Baca Dengan Teliti Sebelum Melamar Pekerjaan
  • Karena Banyaknya Lowongan Pekerjaan yang ada, jadi kami akan membaginya dalam beberapa kategori baik itu lulusan SMP, SMA/SMK Sederajat,D3,S1,S2 Dan S3
  • Harap Waspada Jika ada perusahaan/instansi yang meminta imbalan karena itu kemungkinan besar adalah penipuan
  • Silahkan lihat postingan lowongan kerja lainnya pada situs ini.
  • Lowongan kerja yang tidak ada batas penerimaan,biasanya butuh secepatnya setelah iklan diterbitkan.jadi segeralah mengantar/mengirimkan lamaran jika lowongan pekerjaan tersebut sesuai.
  • jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan kepada teman saudara dan kerabat..Terima kasih